Tentang Sedekah

tentang sedekah

Tentang sedekah, itulah tema artikel kali ini. Mengapa tentang sedekah? Karena masih banyak yang bingung tentang definisi sedekah. Sedekah sendiri mempunyai pemahaman yang sangat luas. Secara sederhana sedekah itu adalah memberi, menolong dan berbagi. Intinya bebuat kebaikan kepada sesama. Definisi sedekah tentu saja berbeda dengan infaq. Tapi kali ini kita hanya akan membahas tentang sedekah.

Berikut beberapa penjelasan tentang sedekah yang diambil dari hadits-hadits shahih. Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api. Orang yang sedekah dengan tangan kanan dan tangan kirinya tidak tahu apa yg disedekahkan, akan mendapatkan naungan di hari akhir. Harta yang kita miliki tidak akan berkurang dengan bersedekah, malah akan bertambah berlipat-lipat.

Sesungguhnya orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan niscaya akan dilipatgandakan ganjarannya dan bagi mereka akan mendapatkan pahala yang banyak dari Allah SWT. Sedekah juga bisa dilakukan dengan memberi makan pada orang yang berbuka puasa maka dia akan memperoleh pahala orang yang berpuasa tersebut, sedangkan pahala bagi yang menerima makan tidak dikurangi sedikitpunpahalnya.

Bersedekah yang paling utama adalah dengan harta, baik dengan harta yang telah ada maupun dengan bekerja mencarinya terlebih dahulu. Sedekah juga bisa dengan cara lain selain harta yaitu melalui tenaga dan pikiran. Sedekah tenaga misalnya ikut kerja bakti, mengurus korban bencana, ronda jaga keamanan, jadi pengurus masjid/mushola, mengelola lembaga sosial tanpa gaji. Sedekah pikiran misalnya mengajarkan ilmu kepada orang lain berarti kita sedang bersedekah dengan ilmu.

Sedekah yang paling baik adalah jika seorang muslim mempelajari suatu ilmu, kemudian ia mengajarkan kepada saudaranya yang muslim. Jika tdk mempunyai harta dan ilmu masih bisa bersedekah dengan perbuatan baik. Sebagaimana seperti hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari "Semua perbuatan baik adalah Sedekah". Bahkan berlaku adil diantara dua orang adalah sedekah, membantu orang dengan memberikan tumpangan adalah sedekah, membantu mengangkat barang juga sedekah. Pada saat kita membersihkan duri dari jalan supaya orang lain tidak celaka juga sedekah.

Mengupas semua amal perbuatan baik adalah sama saja mengupas tentang sedekah, diantara kebaikan itu adalah menemui saudara kita dengan wajah yang berseri (tersenyum). Bayangkan, senyum yang gratis saja bersedekah. Ada sebuah hadits agar kita terhindar dari api neraka dengan bersedekah walau hanya dengan sebutir kurma, dan jikalau tidak punya apapun, berkata dengan baik itupun termasuk sedekah.

Menunjukkan jalan kepada orang yang tersesat termasuk sedekah dan menyingkirkan batu, duri, dan tulang adalah sedekah. Orang yang menangguhkan utang orang yang tidak mampu, maka baginya pahala sedekah setiap hari sejumlah harta yg diutangkan. Orang yang menangguhkan utang orang yg mampu, maka baginya pahala sedekah setiap hari dua kali lipat dari jumlah harta yg diutangkan. Setiap tasbih,tahmid,tahlil,takbir, amar ma'ruf nahi mungkar adalah sedekah. Termasuk menyalurkan syahwat kpd istrinya adalah sedekah.

Begitulah teman-teman #sedekaholic. Begitu hebatnya tentang sedekah, sehingga setiap kebaikan yang kita perbuat tidak akan menjadi sia-sia. Jangan pernah lelah untuk berbuat baik, karena Allah akan membalasnya berlipat-lipat. Semoga artikel ini membuka cakrawala berpikir dan mengubah pola pikir para #sedekaholic tentang sedekah.

0 comments:

Post a Comment

investasisedekah.com Klik   Disini

Popular Posts

Blog Archive

Powered by Blogger.